Analisa Thermal Overload Relay (TOR) Type Lrd08c Pada Sistem Proteksi Motor 3 Fasa Belt Conveyor (L31BC1) 37 KW

Hartono Hartono, YB Praharto, Fitrizawati Fitrizawati

Sari


AbstrakDalam pengoprasiannya motor induksi sering terjadi beban lebih dan meyebabkan trip pada thermal overload relay. Seringnya trerjadi trip ini yang dapat mengganggu proses produksi. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan uji coba terhadapat Thermal Overload Relay (TOR) agar mendpatkan setting terbaik dengan melakukan simulasi menggunakan alat ukur SVERKEL 780 dimana thermal overload relay akan di setting dengan nilai 2,5 A, 3 A, 3,5 A, dan 4 A. setiap nilai setting pada thermal overload relay dilakukan uji coba dengan member arus beban (I L = 1,5 x I set), ( I L = 2 x I set), (I L = 2,5 x I set), dan (I L = 3 x I set). Hasil uji coba yang di dapat, Makin besar arus beban yang melalui  Relay  makin cepat pula waktu trip yang terjadi. Untuk nilai setting terbaik terdapat  pada setting 2,5 A dan arus beban (2,5 x I set) dengan efisiensi memdekati data sheet 97,2 %. Uji coba yang dilakukan, akan digunakan sebagai referensi ketika akan melakukan setting relay TOR dan pengetahuan kepada operator jika terjadi beban lebih maka operator akan mengetahui kapan estimasi motor akan trip sehingga dapat melakukan tindakan sebelum itu terjadi.Kata kunci : motor induksi, Relay TOR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Huda Fahmi dkk, 2019, Identifikasi Gangguan Belitan Stator Motor Induski Metode Wavelet, Prosiding Seminar Nasional Sain dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Vol. 1 No. 1 2019, Semarang.

Wibowo Pangestu,. 2015, TOR (Thermal Overload Relay) di https://www.academia.edu/ (di akses 21 juni 2019).

Irsyam, Muhammad. 2018. Analisis Perhitungan Kerja Relay Gangguan Tanah Pada Feeder Di Gardu Induk 150 Kv Sei Harapan Pt Xyz Batam. Riau : Universitas Riau Kepulauan Batam.

Zhanggischan, Zuhal, 2004, Prinsip dasar Elektroteknik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Zuhal, 1992, Dasar teknik tenaga listrik dan elektronika daya, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Darma Surya, 2015, Sistem Proteksi Pada Motor Induksi 3 Phase 200 Kw Sebagai Penggerak Pompa Hydran (Electric Fire Pump). Palembang : Universitas Palembang.

Abdul Kadir, Transformator, PT Elex Media Komputindo, Jakarta,1989.

Aditya Teguh W, Agung Warsito, 2013 “ Pemeliharaan Trafo Arus (CT) Pada Gardu induk 150 kV PT. PLN (PERSERO) P3B JB Region Jawa Tengah dan DIY Unit Pelayanan Transmisi Semarang†Universitas Diponegoro, Semarang.

Panjaitan, Bonar. 2012. Praktik-praktik Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta. CV Andi Offset Yogyakarta.

Samaulah,Hazairin, 2004, Dasar-Dasar Sistem Proteksi Tenaga Listrik. Palembang :Universitas Negeri Sriwijaya.

Sitompul, Carlos R. 2013. Bahan Ajar Praktikum Sistem Proteksi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

https://megger.com/relay-test-sets-sverker750/780


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.