Pengaruh Penambahan Karbon Pada Pembuatan Kampas Rem Komposit Serbuk Kayu

Mastur Mastur, Sutarno Sutarno, Tris Sugiarto

Sari


Kampas rem adalah  salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai mengurangi laju kecepatan atau untuk menghentikan laju kendaraannya. Dengan demikian, berarti rem mempunyai peranan yang sangat penting terhadap laju kecepatan  kendaraan serta untuk menjaga keselamatan dalam berkendaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar nilai keausan dan nilai kekerasan pada kampas rem tersebut. Kampas rem yang digunakan menggunakan  bahan komposit  yang diberi variasi bahan tambahan.  Bahan-bahan yang digunakan  yaitu serbuk kayu, karbon dan resin dengan ditambahkan katalis yang berfungsi  sebagai pengering. Proses pembuatan kampas rem ini  dengan cara proses pencetakan.  Dari Proses pencetakan kemudian dilanjutkan dengan proses kompaksi dan sintering. Bahan kampas rem dilakukan pengujian kekerasan dan keausan, Data uji kekerasan yang hampir mendekati kampas rem komersil adalah 72,2 HD dengan komposisi bahan serbuk kayu waru 50%, karbon 10% dan resin 40%, hasil uji keausan yang hampir mendekati kampas rem komersil adalah 0,04 gram/mm².detik dengan pencampuran bahan serbuk kayu waru  50%, karbon 10% dan resin 40%. Semakin keras kampas rem maka semakin kecil tingkat keausanya

Kata kunci : komposit, serbuk kayu, karbon.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kristian, A., (2017), Variasi ukuran terhadap kekerasan dan laju keausan komposit epoxy alumunium serbuk tempurung kelapa untuk kampas rem, Skripsi Universitas Jember.

Suhardiman, (2017) Analisa keausan kampas rem non asbes terbuat dari komposit polimer serbuk padi dan tempurung kelapa..Jurnal Inovtek Bengkalis, Vol. 7, No. 2.

Badri, M., (2015), Karakteristik kekerasan dan keausan kanvas rem cak rem bahan komposit dengan filler palm slag, skripsi Universitas Riau.

Dwiyati, S.t , (2017), Pengaruh penambahan karbon pada karakteristik kampas rem komposit serbuk kayu. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi 2.

Walgiman, (2016), Pengaruh Penggunaan Kampas Rem Beralur Terhadap Jarak Pengeremen Dan Temperatur Rem Tromol Pada Sepeda Motor Honda Fits, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sltan Agung Tirtayasa, Serang, Banten. Vol. 1, No. 2.

Pratama, Analisa Sifat Mekanik Komposit Bahan Kampas Rem Dengan Penguat Fly Ash Batubara, Tugas Akhir, Universitas Hasanudin, Makasar, 2011

. Dabet, A, (2018), Aplikasi Teknik Manufaktur Vacuum Assested Resin Infusion (Vari) Untuk Peningkatan Sifat Mekanik Komposit Plastik Berpenguat Serat Abaca (AFRP), Jurnal Polimesin, ISSN 2549-1199, Vol 16, No. 1, Teknik Mesin.

Hamzah Y, (2017), Pembuatan Komposit Karbon Dari Campuran Arang Bambu Dengan Petroleum Coke Dengan Menggunakan Metode Karbonisasi..Jurnal Material dan Energi Indonesia, Universitas Padjajaran, Vol. 7, No. 2.

] Hadjib, N. (2006). Sifat fisik dan mekanis kayu jati super dan jati lokal dari beberapa daerah penanaman. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, E-ISSN 2442-8957, P-ISSN 0216-4329, 359-369.

Prasetyo Bayu, (2017), Pengaruh Fraksi Berat Serat Waru Terhadap Sifat Mekanik Kampat Rem Kerata Api Komposit Non Asbestos. Tugas Akhir, ITS Surabaya.

Praptoyo, H., (2012), Variasi anatomi kayu sengon (paraserienthes falcataria nieslen) dari 2 jenis permudaan yang berbeda, Seminar nasional, Universitas Gajah Mada.

Hestiawan, Jamasri, (2017), Pengaruh Penambahan Katalis Terhadap Sifat Mekanis Resin Poliester Tak Jenuh. Jurnal Teknosia, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Vol.3, No. 1.

Taufik A, (2017), Analisa keausan kampas rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Kecepatan .Jurnal Momentum, Universitas Wahid Hasyim Semarang Vol. 13, No. 2.

Kumayari, (2017), Studi Uji kekerasan Rockwell Superficial vs Micro Vickers, Jurnal JTPII, Vol. 7, No. 2.

Kristianta, FX, (2017), Variasi Ukuran Terhadap Kekerasan Dan laju Keasusan Komposit Epoxy Aluminium Serbuk Tempurung Kelapa Untuk Kampas Rem, Jurnal Rekayasa Mesin, Vol. 8, No. 3.

Silakhudin, (2015), Pengujian Keausan Komponen Mekanik Dengan Teknik Aktifasi Lapisan Tipis.Jurnal Penelitian Sainstek, Vol. 20, No. 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.