Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik STT Wiworotomo Purwokerto

Sigit Pambudi, Andi Sunyoto, Mei P. Kurniawan

Sari


Abstrak

 

STT Wiworotomo Purwokerto sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Purwokerto mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan sistem informasi akademik. Secara umum timbul persepsi yang berbeda-beda dari beberapa pengguna terhadap kualitas pelayanan sistem informasi yang diterima. Beberapa pengguna berpendapat bahwa layanan yang diberikan belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, sehingga persepsi tersebut menjadi evaluasi pihak Riset dan Development IT STT Wiworotomo untuk memperbaiki kualitas pelayanan kedepan. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam Sistem Informasi Akademik STT Wiworotomo Purwokerto.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Webqual 4.0 modifikasi, sedangkan metode analisis data kombinasi metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Analisis kualitas website yang diukur interface design quality, usability quality, service interaction quality, dan information quality.

Hasil rekomendasi dan saran akan dilakukan melalui 3 mekanisme yaitu mekanisme persepsi pengguna, mekanisme pengujian tools performa website serta mekanisme rekomendasi Riset and Development (R&D)  STT Wiworotomo Purwokerto.

Kata kunci: kualitas pelayanan, webqual 4.0, rekomendasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Siswanto. 2019. Analisis Sistem Kualitas Website Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Surakarta

Mecca Sufyana, C., & Suharto, E. 2018. Analisis Pengukuran Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Cobit 5.0 Di Politeknik X. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(2), 101 - 116. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v2i2.97

Sumadi, 2010. Sikap Dan Perilaku Dosen Serta Mahasiswa Terhadap Implementasi Sistem Informasi Administrasi Akademik Online (Studi kasus Di Universitas Negeri Lampung), JPP Volume 8, Nomor 1..

Jamalludin, A., Sulistiowati, S., & Lemantara, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Website Stikom Career Center (SCC) Surabaya. Jurnal JSIKA, 5(1), 1-8. Retrieved from http://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/1220

Nasir, Moh. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Anwar, Ridwan G. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan di Kura-Kura Resort Karimunjawa. Skripsi FPIPS UPI. Bandung.

Zeithaml V. A.; Parasuraman, A.; & Berry, L. L. 1990. Delivering quality service: Balancing customer perception & expectations. New York: The Free Press.

Barnes, S.J. & Vidgen, R.T., 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality.Journal of Electronic Commerce Research,Volume 3, pp. 114-127.

Purnama, Nursya'bani, 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta:EKONISIA.

Suparman, 2007, Kajian Kepuasan PenggunaTerhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Institut Pertanian Bogor, Magister Manajemen, Bogor.

Surjaweni V. W., & Endrayanto, P., 2012, Statistika Untuk Penelitian, Graha Ilmu, Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.