Pengaruh Variasi Perubahan Sudut Kemiringan Drive Pulley dan Massa Primary Sheave Weight Terhadap Performasi Engine Tipe 2DP2

Shendy Restu R, Mastur Mastur, Warso Warso

Sari


AbstrakPada dasarnya para konsumen kendaraan bermotor menginginkan agar suatu mesin memiliki performa yang maksimal. Para pengguna motor matic merasa performa kendaraannya kurang responsive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perubahan sudut kemiringan drive pulley dan massa roller weight terhadap torsi dan daya pada engine tipe 2DP2-155 CC. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan pengujian dengan alat dynotest. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan nilai torsi dan daya yang dihasilkan oleh engine tipe 2DP2-155 CC. Torsi terbesar diperoleh dengan menggunakan drive pulley modifikasi dengan sudut 14,25°, dengan kombinasi massa roller weight 11 gram sebesar 11,76 N.m pada putaran mesin 7000 rpm. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai torsi mengalami peningkatan sebesar 11,85% dari nilai torsi yang menggunakan drive pulley standar 14° dengan massa roller weight standar 13 gram yang menghasilkan torsi maksimal sebesar 10,16 N.m pada putaran mesin 7000 rpm. Daya terbesar diperoleh dengan menggunakan drive pulley modifikasi dengan sudut 13,75°, dengan kombinasi massa roller weight 11 gram sebesar 11,72 HP pada putaran mesin 7500 rpm. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai daya mengalami peningkatan sebesar 11,56% dari nilai daya yang menggunakan drive pulley standar 14° dengan massa roller weight standar 13 gram yang menghasilkan daya maksimal sebesar 9,9Kata kunci : daya, drive pulley, roller weight, torsi. AbstractBasically, motorized vehicle consumers want a machine to have maximum performance. Motor matic users feel that their vehicle performance is less responsive. This study aims to determine how the influence of changes in the tilt angle of the drive pulley and the mass roller weight on the torque and power on engine type 2DP2-155 CC. This research is using experimental method. In this study using a test with a dynotest tool. The results showed an increase in the value of torque and power generated by engine type 2DP2-155 CC. The largest torque is obtained by using drive pulley with an angle of 14.25 °, with a combined mass roller weight of 11.76 Nm at 7000 rpm engine speed. Based on the results obtained, the torque value has increased by 11.85% from the torque value using drive pulley standard 14° roller weight of 13 grams which produces a maximum torque of 10.16 Nm at 7000 rpm engine speed. The greatest power is obtained by using  drive pulley with an angle of 13.75°, with a combined mass roller weight of 11.72 HP at 7500 rpm engine speed. Based on the results obtained, the power value has increased by 11.56% from the power value using drive pulley standard 14° roller weight of 13 grams which produces a maximum power of 9.98 HP at 7000 rpm engine speed.    Keyword: : power, drive pulley, roller weight, torque

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Hidayat, W. 2012. “Motor Bensin Modernâ€. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

. Ahmad M.F, 2019.’ Pengaruh Variasi Berat Roller CVT terhadap Performa pada Yamaha Nouvo 113 cc†UNNES, Semarang.

. Dedik A.W. 2021 †Analisis Pengaruh Bentuk Slidding Roller Terhadap Torsi dan Daya Kendaraan Berbasis Continously Variable Transmissionâ€. Quantum Technika, Universitas Ganesha Singaraja

. Yuliyanto, 2022,â€Uji Komparasi Daya Dan Torsi Motor Bakar 4 Langkah Menggunakan Bahan Bakar RON 92†Dengan Variasi Piston, Univeritas Tidar, Magelang

. Rionaldi A.W1, Darlius2, Zulherman3 (2018). “Pengaruh Perubahan Sudut Primary Pulley Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor 4 Langkah Automatic Transmissionâ€. Universitas, Sriwijaya.

. M.Ibrahim D.W1, M.Marsudi2, Gusti R.F3 (2021). “Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Drive Pulley Pada Continuously Variable Transmission (CVT) Dengan Variasi Sudut 14° Dan 13° Terhadap Torsi Pada Yamaha Fino Tahun 2012â€. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asyad Al-Banjari, Banjarmasin.

. Alwi, D.Q (2020). “Pengaruh Perubahan Derajat Kemiringan Sudut Pulley Dan Variasi Roller Terhadap Performa Pada Motor Matic Honda Scoopy FI-ESP Tahun 2016â€. Universitas Muhammadiyah, Surabaya

. Andrianto, Agus (2021). “Analisis Pengaruh Berat Roller CVT 18 g, 15 g, 12 g Terhadap Daya Dan Torsi Motor Matic Vario 150 CC Dengan Metode Dynotestâ€. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

. Kristanto, P. (2015). “Motor Bakar Torak – Teori & Aplikasiâ€. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

. Hendra H1, Parta2 (2020). “Pengaruh Variasi Sudut Primary Pulley Pada Transmisi Sepeda Motor Scoopy 110 CC Tahun 2014 Terhadap Daya Dan Torsiâ€. Universitas Muhammadiyah, Tangerang.

. Chrisnata G.P (2016). “Analisa Dan Studi Eksperimen Terhadap Pengaruh Variasi Sudut Kontak Kemiringan Drive Pulley Pada Continuously Variable Transmission (CVT) Dengan Variasi Sudut 14°, 13°, Dan 12° Pada Vario 125 PGM-FIâ€. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.