Sistem Kerja Mesin Casting HPDC (High Pressure Die Casting)

Muhammad Sholihul Abdillah

Sari


Produk suku cadang atau sparepart kendaraan bermotor dihasilkan melalui proses casting (pengecoran) yang dirancang untuk menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Pengecoran aluminium digunakan metode High Pressure Die Casting (HPDC). Penyuntikan logam cair ke dalam cetakan menggunakan Teknik Pengecoran Tekanan Tinggi (HPDC) melibatkan proses di mana logam cair disuntikkan ke dalam cetakan dengan tekanan tinggi melalui sistem hidrolis. Dalam metode HPDC, tekanan diberikan pada logam cair untuk memastikan bahwa logam tersebut mengalir ke dalam rongga cetakan. Metode yang digunakan dengan wawancara dan kuantitatif. Melakukan pengamatan dan wawancara kepada leader proses HPDC untuk produk onderdil kendaraan bermotor, membuat flowchart HPDC dan mencocokkan pada dojo area atau tempat pelatihan mini sebelum ke lapangan. Hasil penelitiannya yaitu perbedaan harga kekasaran (µm) produk pada suhu 400ºC, 500ºC, dan 600ºC. Harga kekasaran selepas machining yang terbaik yakni Ra 0,10 µm, untuk percobaan ini dicapai dengan komposisi aluminium cair yaitu 50% produk reject + 50% Al-Si 12 dengan suhu penuangan 600ºC. Dan pada kesimpulannya bahwa harga kekasaran dan suhu saling berhubungan, semakin tinggi suhu maka permukaan produk cor juga semakin halus.

Kata Kunci


Casting; HPDC; Aluminium; Harga Kekasaran; Suhu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N. A. R. Pane and A. Sudiyanto, “PROSES PENGECORAN DAN MANUFAKTUR LOGAM,†Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, Feb. 2021, doi: https://doi.org/10.31315/jmept.v1i2.5045.

Purnomo and Khusna, “Variasi Tekanan dan Tebal Cetakan Terhadap Kekasaran Permukaan pada High Pressure Die Casting (HPDC) Paduan AL-Si,†Surabaya, 2012.

A. R. Sadewo, “PENGARUH VARIASI POSISI POLA TERHADAP CACAT CORAN, STRUKTUR MIKRO, DAN KEKERASAN DARI HASIL CORAN PEMBUATAN PRODUK TUTUP MOTOR LISTRIK DENGAN METODE CETAKAN PASIR (SAND CASTING),†Semarang, Jan. 2019.

A. Detech, “Aluminium,†https://www.detech.co.id/aluminium/.

A. I. Tauvana, “PENGARUH TEKANAN, TEMPERATUR TUANG DAN CETAKAN TERHADAP PROPERTIES MATERIAL METODE HIGH PRESSURE DIE CASTING (HPDC) PADUAN Al-Si,†RAMATEKNO, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, Apr. 2022.

A. P. Ban, “SPAREPART: PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS YANG HARUS MENDAPAT PERHATIAN LEBIH PADA MOTOR,†https://planetban.com/blog/sparepart-pengertian-dan-jenis-jenis-yang-harus-mendapat-perhatian-lebih-pada-motor.

N. Salsabila, “Mengenal Surface Roughness Tester atau Alat Ukur Kekasaran Permukaan,†https://mitech-ndt.co.id/mengenal-surface-roughness-tester-atau-alat-ukur-kekasaran-permukaan/.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.