Rancang Bangun Hand sanitizer Otomatis Berbasis Mikrokontroler

Muhammad Sholihul Abdillah

Sari


Tangan adalah suatu sarana penyebaran virus corona dan juga penyakit lain yang dikarenakan oleh bakteri, kuman, dan virus yang menempel setelah melakukan aktivitas. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi. Hand sanitizer, sebagai alat pembersih tangan, memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat atau bahkan membunuh bakteri. Penggunaan hand sanitizer mempermudah proses pembersihan tangan tanpa memerlukan air mengalir dan sabun. Namun, di tempat umum, penggunaan hand sanitizer seringkali dilakukan secara manual, seperti menekan wadahnya. Sayangnya, banyak orang kurang menyadari bahwa saat menekan wadah hand sanitizer, terjadi kontak langsung dengan tangan. Ini dapat menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri, sehingga perlu diingatkan agar tetap berhati-hati terhadap kemungkinan risiko ini. Hal ini sangatlah tidak efisien, dimana pemakaian hand sanitizer belum optimal kebersihannya.Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai rancang bangun alat hand sanitizer otomatis berbasis mikrokontroler, supaya bisa dimanfaatkan secara gampang, praktis dan efisien. Alat ini dirancang bekerja secara otomatis untuk mengeluarkan cairan dengan menggunakan sensor ultrasonik berdasarkan jarak objek yang telah ditentukan pada source code. Sistem hand sanitizer otomatis ini dilengkapi dengan antarmuka pengguna manusia (HMI) yang menggunakan Arduino Uno. Pencuci tangan otomatis dengan HMI berhasil beroperasi secara efektif setelah melalui serangkaian uji coba. Hasil penelitiannya yaitu presentase eror jarak objek yang terbaca oleh sensor ultrasonik dari penghitungan data percobaan yang terdiri dari sepuluh data dengan tiga kali percobaan. Persentase eror tertinggi terdapat pada data pertama dengan data bernilai 5 cm. Terjadinya eror pada jarak ini terjadi pada percobaan II dengan nilai sebesar 20% dengan nilai rata – rata 6,67%. Dan untuk persentase eror terendah bernilai sebesar 0,00% pada data kedua dan kesembilan.

Kata Kunci


Hand sanitizer; Otomatisasi; Arduino Uno; Sensor Ultrasonik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Sari and D. Isadiartuti, “Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn.),†Surabaya, 2006.

D. Kustriyanto, “Sistem Monitoring Suhu Ruangan Menggunakan Mikrokontroler AT 89S51 dan Borland Delphi 7.0,†Semarang, 2008.

A. Razor, “Arduino Uno Adalah: Pengertian, Fungsi, Pemrograman, dan Harga,†https://www.aldyrazor.com/2020/04/arduino-uno-adalah.html.

E. A. Prastyo, “Pengertian dan Cara Kerja Sensor Ultrasonik HC-SR04,†https://www.arduinoindonesia.id/2022/10/pengertian-dan-cara-kerja-sensor-ultrasonik-HC-SR04.html.

S. C. Elektronik, “Micro Mini Air Pump Pompa Udara Oksigen DC 6v 370 Akuarium Aerator,†https://shopee.co.id/Micro-Mini-Air-Pump-Pompa-Udara-Oksigen-DC-6v-370-Akuarium-Aerator-i.7162404.1439512989.

Ecadio, “Pengenalan Serial Monitor dan Input I/O,†https://ecadio.com/pengenalan-serial-monitor-pada-arduino#:~:text=Sesuai%20nama%20nya%2C%20Serial%20Monitor,oleh%20microcontroller%20via%20komunikasi%20serial.

J. Barnsley and E. D., “Research For Change Participatory Action Research For Community Groups,†1992.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.