Analisa Mekanik Brake Shoe Tipe T-360 Dan Tipe T-359 KK Dengan Metode Elemen Hingga
Sari
Dalam sistem pengereman ini, blok rem (brake shoe) merupakan salah satu komponen terpenting. Kontruksi brake shoe yang dipakai memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah keberadaan center groove akan membuat ketahanan blok rem komposit terhadap beban bending menjadi rendah. Pada penelitian ini dilakukan analisis mekanik dari blok rem komposit tipe T-360 dan tipe T-359 KK dengan menggunakan perangkat lunak ansys 12.0 pada 3 perlakuan yaitu 3 kasus yang terjadi pada saat pengereman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tegangan maksimal yang dapat diterima dari material blok rem komposit. Data hasil simulasi dianalisa berdasarkan teori faktor keamanan (sf) yang ditampilkan dalam tabel dan grafik. Hasil kajian kegagalan terjadi pada blok rem komposit tipe T 359 KK pada perlakuan 2 dengan pembebanan 5551 N yaitu kondisi dimana radius holder lebih besar dibanding radius punggung blok rem, sehingga menyebabkan terjadinya beban bending. Hasil terbaik diperoleh pada blok rem komposit tanpa center groove (tipe T-360) karena pada hasil simulasi untuk semua perlakuan dikatakan aman dan mempunyai kekuatan bending yang jauh lebih baik dari pada desain blok rem dengan center groove (tipe T-359 KK.Kata kunci : Analisa, rem, ansys
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.