Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pengguna KWH Meter Pascabayar Dengan Kwh Meter Prabayar
Sari
Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, sejumlah program telah dikembangkan PT.PLN untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan PT PLN adalah mengeluarkan program terbaru yaitu Program Listrik prabayar. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah menyebarkan angket atau kuesioner dan wawancara kepada pelanggan yang dulunya pelanggan pasca bayar yang bermigrasi ke listrik prabayar. Sampel dalam penelitian ini 100 orang responden yang terbagi kedalam 4 kelompok, yaitu pengguna daya 450 VA, 900 VA, 1300 VA, dan 2200 VA. Hasil dari penelitian ini adalah besarnya konsumsi listrik tiap bulan pengguna daya 450 VA kWH meter prabayar lebih besar dibandingkan kWH meter pascabayar, pengguna daya 900 VA kWH meter pascabayar lebih besar konsumsi listriknya dibandingkan kWH meter prabayar, sedangkan pengguna daya 1300 VA dan 2200 VA antara kWH meter prabayar dengan kWH meter pascabayar besarnya sama, besarnya biaya listrik tiap bulan untuk pelanggan kWH meter pascabayar dan kWH meter prabayar jumlahnya sama, tingkat kepuasan pelanggan kWH meter pascabayar dan kWH meter prabayar hasilnya cukup baik dan memenuhi harapan pelanggan.Kata Kunci : kWH meter pascabayar, kWH meter prabayar, kepuasan pelanggan
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.