Penerapan Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Produk Teak Flooring Pada PT. Estika Tropika Lestari Kabupaten Tegal

Zulfah ., Saufik Luthfianto, M. Fajar Nurwidani

Sari


Kualitas saat ini dapat dipandang sebagai titik kepuasan  pelanggan atau dianggap wilayah kebutuhan pengguna. Begitu banyak sekali makna kualitas, karena pemahaman kualitas sudah meluas. Baik produsen barang, penyedia jasa, hingga lembaga-lembaga pengelola pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis cacat yang sering terjadi pada produk teak flooring (lantai kayu) dan faktor –faktor yang menyebabkan cacat produk serta usaha apa yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Manfaat utamanya yaitu sebagai bahan masukan yang berguna terutama dalam pengendaalian kualitas yang dilakukan perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interviu, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan alat bantu perbaikan kualitas yaitu Check Sheet, Diagram Pareto, Peta kendali p dan Caus Effect Diagram  ( Diagram sebab akibat). Hasil penelitian didapat bahwa: Jenis cacat yang sering terjadi yaitu lubang pinhole 27,4%, gompal 20,9%, mata kayu 19,2%, retak 17,7% dan warna kayu tidak rata 14,8%. Faktor penyebab cacat produk yaitu manusia, metode, material, mesin dan lingkungan. Usulan tindakan perbaikan yang dilakukan perusahaan dalam mengurangi cacat produk yaitu: Pengawasan karyawan lebih ketat,diadakan pelatihan, pemberian insentif bagi karyawan yang mencapai target, menerapkan SOP yang lebih jelas dan terperinci,melakukan pengecekan material yang teliti, memisahkan material yang baik dengan yang tidak baik,melakukan evaluasi terhadap kinerja pemasok,melakukan perawatan berkala pada mesin, melakukan peremajaan pada mesin,memperbaiki dan menyediakan suku cadang, ruangan diberi pembatas/penyekat agar tidak berdebu dan karyawan bisa berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan.Kata Kunci : Teak Flooring, Caus Effect, Pengendalian Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2012, Pengendalian Kualitas Statistk, [Cited 2012 April 22]. Diakes dari http://file2shared. wordpreess.com/tag/pengendalian kualitas-statistik/.najemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif, Ghlia Indonesia, Jakarta

Agus Ahyari, 1990. Pengendalian Produksi, BPFE, Yogyakarta

Dorothea W. Ariani. 2003. Pengendalian Kualitas Statistik. ANDI Yogyakarta

Dorothea W Ariani , 2003, Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif, Ghlia Indonesia, Jakarta

L K Gunarta, 2003.Pengantar Teknik dan Sistem Industri Edisi Ketiga, Surabaya

Karl T. U dan Steven D. E, 2001.Proses Produksi, Jakarta

Nasution, 2001, Manajemen Mutu Terpadu,Ghalia Indonesia, Jakarta

Sudjana.1996. MetodeStatistika.Bandung:Tarsito

Tjiptono, Fandy, 2000, Prinsip-prinsip Total Quality Service, ANDI, Yogyakarta

Yamit,Zulian,2000, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonosia, Yogyakarta.

Nazir, 2005,Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.