Penerapan Strategi Manajemen Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada UKM Proutech 86 “Monsrieaâ€)

Nurul Hidayati, Endi Bastian

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja UKM PROUTECH 86 “MONSRIEA†dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang terdiri dari 4 perspektif serta menentukan strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UKM dengan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal (analisis SWOT). Penelitian ini merupakan penelitian statistik inferensial menggunakan  metode  regresi linear sederhana pada perspektif keuangan dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran variabel produktivitas pekerja. Kinerja UKM berdasarkan perspektif keuangan dan variabel produktivitas pekerja dinilai baik karena menunjukkan nilai positif  b > 0 dimana NPM = 0,98 ; ROA = 1,37 ; CR = 29,42 dan produktivitas pekerja = 6.319.750. Dalam penelitian ini perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal variabel inovasi dan operasi, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran variabel kepuasan pekerja, menggunakan pengukuran populasi dengan kuisoner yang terdiri dari semua konsumen berjumlah 100 orang dan semua pekerja 6 orang. Dengan teknik uji validitas, uji reliabilitas dan uji t satu sampel. Berdasarkan perspektif pelanggan dinilai baik karena uji t satu sampel menunjukkan arah ke kanan (1,50), dengan hasil hipotesis ( diterima). Berdasarkan perspektif proses bisnis internal dinilai belum baik karena kedua variabel inovasi dan operasi uji t satu sampel menunjukkan arah ke kiri, inovasi (- 3,6) dan operasi (- 4,75) dengan hasil hipotesis (  ditolak). Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran variabel kepuasan pekerja dinilai belum baik karena uji t satu sampel menunjukkan arah ke kiri (- 6,47), dengan hasil hipotesis ( ditolak). Setelah melakukan pengukuran kinerja kemudian menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal terkait dengan penerapan strategi manajemen menggunakan matriks SWOT sebagai penentu strategi (Strength-Oppurtunities), (Weakness-Oppurtunities), (Strength-treath), dan (Weakness-Treath) pada UKM PROUTECH 86 “MONSRIEAâ€.Kata Kunci : Balanced Scorecard, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia Alfi, Hidayat Wahyu & Budiatmo Agung, 2012, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UKM Batik Semarangan Di Kota Semarangâ€, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

David, Fred R., 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta Jogiyanto, 2005, Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Kaplan Robert S. dan David P. Norton.1996. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Kaplan Robert S. dan David P. Norton.2000. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Mulyadi. (2005). “Alternatif Pemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.20, No.3.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen Konsep, Manfaat, dan Rekayasa, edisi 3. Jakarta Salemba Empat.

Rahayu, Diah Puspita Sari, 2003, “Pengukuran Performasi Perusahaan Dengan Balanced Scorecard (BSc) Untuk Menentukan Inisiatif Strategi Di PT. Pos Indonesiaâ€, Tugas Akhir Teknik Industri, Universitas Pasundan, Bandung.

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Puspita, Handayani, 2012, “Pengukuran Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Dengan Balanced Scorecard (BSC) Pada UKM Batik R Sokarajaâ€, Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Mulyadi dan J. Se tyawan. 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Purnama, C.M Lingga, MM, 2004, “Strategic Marketing Plan : Panduan Lengkap Dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran Yang Strategis Dan Efektifâ€, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.