IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN

Karsukmia Nandja

Sari


Kemampuan siswa untuk belajar Menggambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Purwokerto sangat menurun. Karena ada banyak siswa yang merasa sulit, kurang terampil, dan penalaran siswa masih rendah. Kolaborasi, sikap kerja, rendahnya tanggung jawab siswa, persaingan tidak sehat, Akibatnya, banyak siswa memiliki nilai lebih sedikit dan bahkan gagal dalam pelajaran ini. Penelitian memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasisiswa dalam  belajar, sikap dan tindakan  siswa dalam belajar, bekerja sama antar siswa, merasa bertanggung jawab, dan menyelesaikan mata pelajaran dalam konstruksi bangunan. Model dan metode Jigsaw (Pembelajaran Kooperatif) akan diterapkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan kegiatan pembelajaran ketika guru mengajar, kolaborasi tim solid, kolaborasi meningkat, dan hasil belajar meningkat.Keywords:  Jigsaw, PTK, Hasil Pembelajarn

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Hamzah, Uno 2006 “Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran “ PT. Bumi Aksara Jakarta [2]. Hilgard, ER. And Bower, G. H., 1975, Schemas Versus Mental Model In Human Memory, Chinester : John Wiley and Sons. [3]. Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. IKIP. Malang [4]. Sadiman, A. M, 2001. interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.PT Raja Grafindo Persada, . Jakarta [5]. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen , BAB V, Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi. [6]. Social Psychology Network, Elliot A. Jigsaw Classroom. 2014. p. 1–3. [7]. Philips J. Instructional design and assessment : using the jigsaw technique to teach clinical skills course. Am J Pharm Educ. 2015;79(6):1–7. [8]. Doymus K, Karacop A SU. Effects of Jigsaw and animation techniques on students understanding of concepts and subjects in electrochemistry. Educ tech Res dev. 2010;58:671– [9]. Kim Quillin and Stepent Tomas, Drawing to Learn: A Framework for Using Drawings to Promte Model Based Reasoning in Biology. NCBI, V.14.(1).2015. [10]. Frandisca Eltian, et.al. The Effect of the Jigsaw learning method and Initial Ability on the learning outcome of automotive engineering student, Journal of Tecnological and Vocational education, ISSN 2477-24. Vol. 23. No. 4 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.