Efektifitas Katalis Proses Pack Carburizing Terhadap Kekerasan Permukaan dan Struktur Mikro Baja ST 42

Tarsono Dwi Susanto, Nugrah Rekto Prabowo, Bagus Darmawan

Sari


Beban  roda gigi yang tinggi akibat gesekan dan tekanan dinamis akan menyebabkan keausan dan terjadinya retakan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan kekerasan permukaan yang tinggi namun tetap ulet pada bagian inti. Proses pack carburizing adalah salah satu metode untuk meningkatkan kekerasan permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perbedaan jenis dan persentase katalis pada proses pack carburizing baja ST 42 terhadap nilai kekerasan dan struktur mikro. Katalis yang digunakan dalam penelitian ini adalah barium carbonat, kalsium carbonat dan natrium carbonat. Sedangkan persentase yang digunakan adalah 15%, 25% dan 35% dari berat media carburizing. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana kotak sementasi yang berisikan material baja ST 42 dan media carburizing dipanaskan dengan furnace pada temperatur 950°C dengan waktu penahanan 2 jam yang selanjutnya diquenching dengan media pendingin air. Pengujian yang digunakan uji kekerasan vickers dan uji struktur mikro. Berdasarkan hasil pengujian kekerasan vickers didapatkan nilai kekerasan tertinggi teridentifikasi dengan perlakuan katalis jenis kalsium carbonat persentase 15% dengan nilai rata-rata kekerasan sebesar 975,3 HVN atau mengalami peningkatan 480% dari raw material. Sedangkan nilai rata-rata kekerasan terendah terdapat pada variasi katalis jenis natrium carbonat dengan persentase 35% sebesar 570,2 HVN atau hanya mengalami peningkatan sebesar 239 % dari raw material. Hasil pengujian struktur mikro pada baja ST 42 sebelum dilakukan proses carburizing menunjukkan struktur yang terbentuk didominasi fasa ferlit dan sedikit perlit. Sedangkan pada spesimen setelah dilakukan proses carburizing terbentuk struktur yang didominasi fasa martensit dan sedikit fasa perlit pada permukaan material baja ST 42. Secara umum dapat disimpulkan bahwa proses pack carburizing dengan variasi jenis dan persentase katalis berpengaruh terhadap nilai kekerasan dan struktur mikro yang didapatkan, dimana pemilihan jenis dan persentase katalis yang tepat dapat meningkatkan nilai kekerasan secara signifikan akan tetapi jika digunakan pada jenis dan persentase katalis yang tidak tepat dapat menyebabkan nilai kekerasan yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. Kata Kunci : Baja ST 42, katalis, Pack Carburizing, Mikro Struktur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B.H. Amstead, Phillip F. Oswald, Myron L. Begemen, (1997), Teknologi Mekanik (Jakarta: Erlangga, hal. 152-153

Niemann G,(1990), Elemen Mesin, Edisi II, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta, hal.195.

Wahid Suherman, Ilmu Logam I (Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2003), hal. 81, 82, 142 dan 147

ASTM E415-15, (2015), Standard Test Method for Analysis of Carbon and Low-Alloy Steel by Spark Atomic Emission Spectrometry, ASTM International, West Conshohocken, PA, www.astm.or

Dieter, George E., (1987), Engineering Design A Materials and Processcing Approach, Mc Graw-Hill Book Company, hal. 336 – 337

Alois Schonmetz, Karl Gruber, (1987), Pengetahuan Bahan Dalam Pengerjaan Logam, CV. Angkasa, Jakarta, hal.17, 40 dan 44

Reny Afriany, (2016), Analisa Pengaruh Variasi Katalis Pada Proses Karburasi Baja Karbon Sedang Dengan Pendinginan Tunggal, Jurnal Ilmiah Teknika, 5(2) 2016 : hal. 38 – 50.

. Ella Sundari, Taufikurrahman, Reza Fahlevi, (2018), Analisa Pengaruh Pack Carburizing Terhadap Sifat Mekanis Sprocket Imitasi Sepeda Motor Menggunakan Arang Kayu Gelam Dan Serbuk Cangkang Remis Sebagai Katalisator, Jurnal Austenit Vol. 10, No.2, Oktober, ISSN : 2085-1286 E-ISSN : 2622-7649 72.

. Karmin, Sairul. E, Firdaus, dan Romli, (2018), Analisa Perubahan Sifat Mekanik dan Struktur MikroMulti Quenching Terhadap Hasil Pack Carburizing Baja Karbon Rendah, Jurnal Austenit Vol. 10, No.1.

. Sujita, (2016), Proses Pack Carburizing dengan Media Carburizer Alternatif Serbuk Arang Tongkol Jagung dan Serbuk Cangkang Kerang Mutiara, Jurnal Mechanical, Vol 7 No.2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.