Implementasi Metode Blue Ocean Strategy Untuk Meningkatkan Daya Saing Ukm Ternak Lele Pak Muhtadir

Muhamad Soleh, Nurul Hidayati, Rizki Kurniawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UKM Ternak Lele Pak Muhtadir di Desa Cilongok, Kabupaten Banyumas melalui penerapan Metode Blue Ocean Strategy. Dalam menghadapi persaingan yang ketat dan dampak pandemi COVID-19, diperlukan strategi yang inovatif dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengumpulkan data primer dari pemilik UKM dan beberapa konsumen. Selain itu, data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Analisis SWOT dan Kanvas Strategi digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta merumuskan strategi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Blue Ocean Strategy, UKM Ternak Lele Pak Muhtadir dapat mengurangi persaingan dan menciptakan ruang pasar baru yang belum terjamah oleh pesaing. Strategi ini melibatkan penghapusan, pengurangan, peningkatan, dan penciptaan elemen-elemen dalam usaha ternak lele. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan, serta memperkuat posisi UKM di pasar.

Kata Kunci


Blue Ocean Strategy, Daya Saing, UKM, Ternak Lele, SWOT Analysis, Kanvas Strategi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zakiyah, E. F., Kasmo, A. B. P., & Nugroho, L. (2022). Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1657-1668.

Rahmi, P. (2019). Peran nutrisi bagi tumbuh dan kembang anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 5(1), 1-13.

UPNVJT, P. A. B. (2023). Prosiding SINABIS 2022 Strategi Pengembangan dan Inovasi Usaha melalui Program Pengabdian Masyarakat Pasca Pandemi COVID 19.(ISSN 2722-6484). Penerbit Sasanti Institute.

Miharja, K. (2018). Analisa SWOT dalam menentukan strategi bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 30-38.

Noviyanti, D. (2015). Pentingnya Implementasi Strategi Pemasaran Bagi Travel Haji dan Umroh di Banjarmasin. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 1-19.

Soleh, M., Hidayati, N., & Krisdian, F. D. M. (2021). Penerapan Metode Association Rule-Market Basket Analysis Untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Swalayan Kecil. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 2(1), 1-9.

Irawan, D. (2020). Peningkatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah melalui jaringan usaha. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103-116.

Ikhwan, R. (2018). Analisis Perancangan Strategi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan Dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring).

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Suyudi, M., & Suryana, H. (2020). Perancangan Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus: PD. Hj. Imat Cianjur). Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, 4(1), 47-52.

Luntungan, W. G., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

ASMARA, D. I. (2021). Rancangan Penerapan Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus Siomay Kang Indra).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.