Perancangan Strategi Inovatif UKM Tas dengan Blue Ocean Strategy (BOS) untuk Optimalisasi Penjualan

Muhamad Soleh, Nuning Artati, Wayah Priya Laksana

Sari


UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi signifikan terhadap PDB. Namun, UMKM sering menghadapi tantangan, seperti keterbatasan akses pasar dan pembiayaan. Cikal Tas, sebuah UKM yang berlokasi di Desa Tlaga, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, saat ini menghadapi kendala ekspansi karena penjualannya masih terbatas pada toko fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy untuk menciptakan ruang pasar baru melalui analisis kanvas strategi dan kerangka empat langkah. Berdasarkan hasil analisis Matriks EFAS, diperoleh nilai selisih -0,85 pada sumbu x (ke arah kiri) dan 0,5 pada sumbu y (ke arah atas), yang menempatkan Cikal Tas di Kuadran III. Hal ini menunjukkan perlunya perubahan strategi. Strategi yang disarankan meliputi perluasan jangkauan pasar melalui platform online serta penerapan inovasi bisnis. Inovasi ini mencakup pengembangan produk unik, seperti tas dengan desain karakter kartun, peningkatan variasi produk, layanan kustomisasi, ketersediaan produk, dan promosi yang efektif. Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Cikal Tas sekaligus memperkuat identitas mereknya di industri fashion dan aksesori.

Kata Kunci


Strategy, Blue Ocean, SWOT, Inovasi, IFAS, EFAS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. T. H. Tambunan, UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media, 2021.

H. Fajrianty, “Kepastian hukum Baitul Mal wat Tamwil tinjauan undang-undang perkoperasian dan Lembaga Keuangan Mikro,” 2019, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

E. Kesumadewi and A. Aprilyani, “Mengatasi Pengangguran Melalui Peningkatan Kewirausahaan dengan Program Tenaga Kerja Mandiri,” J. Macroecon. Soc. Dev., vol. 1, no. 4, pp. 1–15, 2024.

A. Budihardjo, Knowledge management: Efektif berinovasi meraih sukses. Prasetiya Mulya Publishing, 2017.

N. G. Prawesta, “Rancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis Penjualan Sepatu,” 2023, Universitas Islam Indonesia.

R. Mauborgne, Blue ocean strategy (strategi samudera biru): ciptakan ruang pasar tanpa pesaing dan biarkan kompetisi tak lagi relevan. Penerbit Serambi, 2005.

M. Mashuri and D. Nurjannah, “Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing,” JPS (Jurnal Perbank. Syariah), vol. 1, no. 1, pp. 97–112, 2020.

R. S. Gatti, D. Nasution, M. Eng, V. Nuzulfah, and M. B. A. SM, “Strategi Branding pada Persaingan Jasa Transportasi Online di Indonesia Berdasarkan Konsep Blue Ocean Strategy (BOS),” Skripsi Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2018.

I. Kamaluddin, “Analisis Swot Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada Pt. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani,” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 342–354, 2020.

N. N. Salma, “Usulan Strategi Pemasaran Media Semai Ramah Lingkungan Soil Block Pada Akar Kreasi Nuswantara menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy,” 2024, Universitas Islam Indonesia.

A. Sugiyono, “Penanggulangan Pemanasan Global Di Sektor Pengguna Energi,” J. Sains Teknol. Modif. Cuaca, vol. 7, no. 2, pp. 15–19, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.