Strategi Pengembangan Usaha Konveksi Yahyuti Menggunakan Perhitungan Simple Additive Weighting Dalam Kerangka Analisis Swot

Reno Rizqi Prathama, Ainur Komariah, Rian Prasetyo

Sari


Perkembangan zaman dengan pertumbuhan teknologi membuat usaha konveksi semakin berkembang serta persaingan pada usaha industri konveksi terus mengalami peningkatan. Persaingan usaha Konveksi Yahyuti semakin ketat serta berdasarkan data produksi pada tahun 2021 menurun tiap bulannya. Untuk dapat memenangkan persaingan, perlu menerapkan suatu strategi yang tepat sehingga usaha yang telah dirintis bisa terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rumusan strategi berdasarkan kerangka Analisis SWOT serta memberikan rekomendasi prioritas strategi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dengan kerangka Analisis SWOT dapat diperoleh beberapa rumusan strategi. Konveksi Yahyuti berada dalam kuadran I sehingga strategi yang sebaiknya diterapkan adalah Strategi SO. Berdasarkan hasil perhitungan  Simple Additive Weighting diperoleh rekomendasi prioritas strategi. Prioritas strategi terbaik yang bisa digunakan Konveksi Yahyuti adalah dengan Memberikan pelayanan terbaik mengenai waktu dan kapasitas produksi dengan skor 0,862, Terus berinovasi dengan memberian produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen dengan skor 0,826, Mempertahankan kepercayaan konsumen dengan meningkatkan mutu dan kualitas produk dengan skor 0,805, dan Memberikan pelatihan mengenai teknologi informasi dengan skor 0,559.  Kata Kunci : Analisis SWOT, Simple Additive Weighting, Strateg Pengembangan The times with the growth of technology have made the convection business grow and competition in the convection industry continues to increase. The Yahyuti Convection Business Competition is getting tighter and based on production data in 2021 it is decreasing every month. To be able to win the competition, it is necessary to implement an appropriate strategy so that the initiated business can continue to grow. This study aims to obtain a strategy formulation based on the SWOT Analysis framework and provide strategic priority recommendations. The results of the study note that with the SWOT analysis framework, several strategy formulations can be obtained. Yahyuti convection is in quadrant I so the strategy that should be applied is the SO Strategy. results Based on the calculation of Simple Additive Weighting obtained priority strategy recommendations. The best priority strategy that can be used by Yahyuti Convection is to provide the best service regarding production time and capacity with a score of 0.862, Continue to monitor by providing products according to consumer needs and desires with a score of 0.826, maintain consumer confidence by improving product quality and quality with a score of 0.805, and Provide training on information technology with a score of 0.559.Keywords: SWOT Analysis, Simple Additive Weighting, Development Strategy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiana, D. F. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Pada Danricy Konveksi Semarang. Doctoral Dissertation, Prodi Manajemen UNIKA Soegijapranata, 1–50.

Dian, S., & Bekti, N. (2019). Strategi Pengembangan Usaha UD. Aba Colecction Tulungagung Dengan Pendekatan Analisis Strenght, Weakness, Opportunities, Threaths. IAIN Tulungagung.

Listiawati, N. I. (2020). Analisis Strenght, Weaknes, Opportunitie, Threath Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Konveksi Helm Di Tunggulsari Tulungagung. Perspektif Ekonomi Islam, 13–45.

Azizah, N. (2014). MODEL PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KONVEKSI MELALUI APIK (ASOSIASI PENGRAJIN INDUSTRI KONVEKSI) DI DESA TRITUNGGAL KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR. 3(2), 293–306.

Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Mulyadi, D., & Marpaung, D. R. (2018). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) UNTUK PENENTUAN KOLEKTOR TERBAIK PADA PT . ANUGRAH. 8, 61–77.

Pahlevi, N. O. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Di PT.RINS). Juruan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Komariah, A. (2021). Perencanaan Strategi Penjualan Dengan Metode Analisis SWOT (Penerapan Pada Usaha Sablon DSP Sukoharjo). E-Proceeding SENRIABDI, 1(1), 253–262.

Lestari, M. (2021). Penentuan Prioritas Strategi Bersaing Di UD XYZ Dengan Metode SWOT Dan AHP. E-Proceeding SENRIABDI, 1(1), 244–252.

Prastiwi, R. F. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mukro Kecil Menengah Sektor Industri Jenang Krasikan Menggunakan Metode (SWOT) (Studi Kasus Di Sentra Industri Jenang Desa Tangkisan). Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri Analisis, 1(2), 44–57.

Anupama. (2015). Application Of MADM Algorithms To Network Selection. International Journal Of Innovative Research In Electrical, Electronics, Instrumentation And Control Engineering, 3(6), 64–67.

Utami, Y., Nugroho, A., Wijaya A.F. (2019) Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kota Salatiga. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol.5, No.3, Agustus 2018, hlm.253-260.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.