Analisis Kualitas Produksi Kemasan Susu Provit menggunakan Model Six Sigma dengan Konsep DMAIC di PT Laba Asia Food

Nurul Hidayati, Yuliyanti Dian Pratiwi, Suryo Ilham

Sari


PT Laba Asia Food mengalami beberapa kendala dalam pengendalian mutu di bagian produksi, yang mengakibatkan tingkat kegagalan produk melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan, salah satu kegagalan produk yang sering terjadi adalah kecacatan pada print kemasan yang tidak sesuai. Untuk itu perlu dilakukan analisa secara detail untuk mengetahui jenis kecacatan yang dominan dan mengidentifikasi sumber dan akar penyebab dari kecacatan tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengendalikan kualitas produksi adalah dengan menerapkan model six sigma dengan konsep DMAIC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis defect terbesar terjadi pada bulan Januari-Desember 2022 adalah jenis cacat pada coding yang tidak sesuai sebesar 76,72% packaging rusak sebesar 21,51%, dan tinta kurang jelas sebesr 1,75%. Distribusi data karakteristik kualitas produk dan kinerja perusahaan didapatkan rata-rata level sigma sebesar 2.84 dan nilai DPMO sebesar 91.164. Rekomendasi perbaikan meliputi perubahan bahan kemasan, pemeliharaan rutin, pelatihan ulang prosedur pengemasan, penggunaan tinta berkualitas tinggi, pemeliharaan rutin pada mesin pencetak, kontrol suhu dan kelembaban, dan pelatihan tambahan untuk karyawan mengenai coding dan SOP

Kata Kunci


Six Sigma, Susu Provit, DPMO, DMAIC, SOP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Z. , Nasution and M. Nasution, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Daya Saing Pasar Terhadap Volume Penjualan Usaha Kripik Singkong ‘Kurnia’ Di Kabupaten Labuhanbatu,†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 200–2017, 2022.

B. Z. , Khayah and N. N. Marpaung, “Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Daerah Cikarang Kabupaten Bekasi),†Parameter, vol. 7, no. 1, pp. 141–154, 2022.

L. , Latifah and K. Rosyidi, “Pengendalian Kualitas Produksi Lakop Sapu Lantai Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Di Ud. Xy Purwosari,†JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), vol. 5, no. 1, pp. 13–24, 2018.

P. , Rahayu and M. Bernik, “Peningkatan Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan Metode Six Sigma Menggunakan New & Old 7 Tools,†Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 16, no. 2, pp. 128–136, 2020.

M. Ramadhan, “Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Pada Produk Sepatu Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen,†Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, vol. 22, no. 1, pp. 55–64, 2021.

A. A. , Fitriaji and A. Domodite, “Analisis Upaya Meningkatkan Kualitas Produksi Panel Listrik Guna Mengurangi Defect Menggunakan Metode DMAIC,†TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 90–100, 2022.

N. , Izzah and M. F. Rozi, “Analisis pengendalian kualitas dengan metode six sigma-dmaic dalam upaya mengurangi kecacatan produk rebana pada UKM Alfiya Rebana Gresik,†Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 13–26, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.