Uji Kelayakan Kapasitas Produksi Plywood dengan Metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP)

Muhamad Soleh

Sari


 Abstraksi   Bisnis di sektor industri saat ini menghadapi banyak tantangan, sehingga perusahaan harus mampu merencanakan produksi dengan efektif, akurat, dalam jumlah yang memadai, serta dengan jadwal produksi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jumlah dan jadwal produksi yang telah ditetapkan dapat tercapai jika didukung oleh kapasitas yang memadai. Kebutuhan kapasitas yang diperlukan perusahaan dapat dihitung dengan metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP). Penelitian ini dilakukan pada industri olahan kayu albasia pada bulan Februari – Maret 2023. Strategi yang digunakan untuk perencanaan agregat adalah strategi Chase, yaitu rencana kapasitas produksi disesuaikan dengan jumlah permintaan. Uji kelayakan kapasitas dilakukan dengan metode RCCP (Rough Cut Capacity Planning) menggunakan Bill of Labour (BOLA). Hasil penelitian dari Juli 2023 hingga Januari 2024 dan Maret 2024 hingga April 2024 menunjukkan bahwa stasiun kerja di PT Cebong Kayuindo Cabang Banyumas dinyatakan layak dan sesuai dengan jumlah permintaan pelanggan. Namun, terdapat beberapa stasiun kerja pada bulan Februari 2024, Mei 2024, dan Juni 2024 yang tidak layak untuk produksi kayu lapis sesuai dengan jumlah permintaan, karena stasiun kerja pada bulan-bulan tersebut masih bernilai negatif. Strategi yang dilakukan perusahaan pada Februari 2024 untuk stasiun kerja potong, belah, dan press adalah dengan menambah waktu lembur selama 4 jam atau melakukan subkontrak agar produksi dapat dipenuhi oleh perusahaan.

Kata Kunci


Uji kelayakan kapasitas, plywood, Rough Capacity Planning (RCCP)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Makanoneng, R., Mananeke, L., & Loindong, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada Konsumen PT. Hasjrat Abadi (Studi Pada Pengguna Yamaha Mio Di Kecamatan Tuminting). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 350-361.

Matswaya, A., Sunarko, B., Widuri, R., & Indriati, S. (2019). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Pada Pembuatan Produk Kasur Busa (Studi Pada Pt Buana Spring Foam di Purwokerto). Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 26(2), 128-142.

Liliyen, D., Hernawati, T., & Harahap, B. (2020). Perencanaan Kapasitas Produksi Teh Hitam Menggunakan Metode Rough Cut Capacity Planning Di PT. Perkebunan Nusantara IV Unit Kebun Tobasari. Buletin Utama Teknik, 15(3), 249-254.

Liske, A., Stamer, F., & Braun, M. (2015, September). Easy current slope detection for low cost implementation of the direct adaptive current control for DC-DC-converters. In 2015 IEEE Energy Conversion Congress and Exposition (ECCE) (pp. 180-186). IEEE.

Artati, N., Kurniawan, A., & Soleh, M. (2022). Perencanaan Produksi Sayuran Hidroponik dengan Metode Perencanaan aggregate pada Josh Hydroponic. Iteks, 14(2), 9-16.

Soleh, M., Pratiwi, Y. D., & Warso, W. (2020). Implementasi Metode Line Balancing dan Motion Study untuk Meningkatkan Produktivitas Lini Produksi Spring Bed. Iteks, 12(2), 94-104.

Lawi, A., & Gunawan, J. (2022). Analisis Kapasitas Produksi Pada Lini Produksi Baru Dengan Pendekatan Rough Cut Capacity Planning. Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis, 1(1), 62-74.

Adhiana, T. P., Prakoso, I., & Pangestika, N. (2020). Evaluasi Kapasitas Produksi Ban Menggunakan Metode RCCP Dengan Pendekatan Bola. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 6(1), 6-12.

Sibarani, A. A., & Setyaningrum, D. T. (2023, October). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi Melalui Pendekatan Bill of Labour pada PT. XYZ. In Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) (Vol. 6, No. 1, pp. 659-669).

Abdullah, A. K., Lahay, I. H., & Uloli, H. (2024). Penjadwalan Kapasitas Produksi Roti menggunakan Metode Rough Cut Capacity Planning di UMKM Cita Rasa Gorontalo. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 7(1), 394-403.

Afma, V. M., Sumarya, E., & Sutrisno, A. (2021). Analisis Kapasitas Produksi Pada Lini Produksi Baru Ford P702 Hvpo Dengan Pendekatan Metode Rough Cut Capacity Planning (Studi Kasus Di Pt Csb). PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 9(2), 237-251.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.